This is Yoga Utama blog's

Thank you for visiting.

This is Yoga Utama blog's

Thank you for visiting.

This is Yoga Utama blog's

Thank you for visiting.

This is Yoga Utama blog's

Thank you for visiting.

This is Yoga Utama blog's

Thank you for visiting.

Jumat, 29 Maret 2013

Tips Fotografi Untuk Pemula


Fotografer pemula sering kali terkejut ketika menyadari bahwa lensa mahal yang baru mereka beli terasa tidak tajam di setiap pengaturan aperture. Jika sobat bertanya pada fotografer yang lebih berpengalaman dalam artian profesional, mereka akan menginformasikan bahwa ada perbedaan dalam hal ketajaman gambar di setiap aperture yang kita gunakan. Setiap lensa memiliki aperture optimal dimana dia akan bekerja dengan optimal, dengan kata lain kita menyebutnya dengan hasil yang tajam.

aperture priority


Aperture yang menghasilkan foto paling tajam atau biasa disebut dengan "Sweet Spot" sangat beragam dari lensa ke lensa, tetapi sebagai patokan, kebanyakan lensa memiliki "Sweet spot" ketika mereka diturunkan antara 2 atau 3 stop dari aperture maksimum. Sebagai contoh pada lensa yang memiliki aperture maksimum f/2.8 memiliki "sweet spot" di aperture f/8.0.

Lalu bagaimana Kita mengetahui "Sweet Spot" dari Lensa?

Sebenarnya ada satu cara yang sederhana dan menyenangkan untuk menguji lensa-lensa tersebut. Sobat hanya membutuhkan sebuah tripod dan koran. Untuk melakukan test atau pengujian ini yang harus kalian lakukan adalah dengan menempelkan selembar koran di tembok, dan pastikan mendapat cahaya yang cukup. Kedua, pasang kamera kalian di sebuah tripod, lihatlah pada waterpas di tripod untuk memastikan bahwa kamera dan dinding benar-benar sejajar. Ambillah serangkaian foto dengan exposure paling lebar hingga paling sempit dengan menurunkan satu stop tiap jepretan/frame (jangan lupa untuk melakukan perubahan pada shutter speed agar mendapatkan exposure yang pas serta konsisten.) Teruslah memotret sampai kalian telah mendapatkan satu exposure (foto) untuk setiap aperture.

Sobat kemudian bisa mendownload atau mentransfer foto-foto tersebut ke Personal Computer (PC), dan buka semua foto tersebut lalu bandingkan! Bandingkan hasil foto menggunakan metadata atau yang sering disebut dengan EXIF, untuk melihat berapa pengaturan aperture yang digunakan. Sobat jangan terkejut ketika melihat hasil perbandingannya, sering kali hasil ketajamannya berbeda di setiap aperture.
sumber : infotografi.com

Teknik Fotografi Untuk Pemula


  1. Pahami dahulu bagaimana kamera anda bekerja. Coba pelajari tombol-tombol di kamera anda, pahami fungsinya apa saja. Jangan lupa menu dan fungsi-fungsi juga, buku petunjuk atau manual book jangan sampai hilang karena buku ini penting bila kamera anda berbeda dengan kamera yang banyak digunakan orang. Aplikasi teknik fotografi apapun tanpa penguasaan kamera DSLR hasilnya tidak akan maksimal. Sekedar pengetahun ada baiknya anda juga mengerti perbedaan antara kamera DSRL yang professional dan pemula, kenapa? Sebenarnya prinsip kamera semua sama namun ada beberapa fasilitas pada kamera DSLR professional yang tidk ada di kamera pemula.  Anda bisa membaca kembali post anatomi Kamera DSLR dan perbedaan kamera DSLR Pemula dan Proffesional
  2. Selanjutnya adalah mempelajari tiga kompenen penting dalam fotografi yang sering disebut juga segitiga eksposure yaitu: shutter speed, aperture, dan ISO. Terkadang beberapa fotografer melakukan kombinasi dari ketiga hal diatas dan menciptakan teknik fotografi yang baru. Semisal shutter speed rendah dengan Aperture besar untuk memotret low light dimalam hari.
a.  Shutter speed
Penjelasan secara teoritis silakan baca post tiga komponen penting fotografi-shutter speed. Coba anda bermain-main sekaligus bereksperimen dengan shutter speed, tau dimana letak pengaturan shutter speed kan? Silahkan baca kembali tulisan diatas. Anda bisa bereksperimen di jalan, foto salah satu kendaraan yang lewat dari pinggir jalan dengan penaturan  shutter speed 1/30 dan 1/100. Bandingkan hasilnya diantara dua kecepatan shutter.  Pada angkan 1/30 hasil nya, objek foto akan seperti berkelebat sedangkan pada angka 1/100 objek foto tampak seperti membeku.
b. Aperture
Penjelasan teoritisnya bisa dilihat pada post tiga komponen penting fotografi: Aperture. Aperture dalam bahasa Indonesia berarti diafragma kamera. Aperture juga erat kaitannya dengan Depth of Field (Dof), silahkan baca teorinya di Memahami Depth of Field. Semakin besar anda membuka aperture dan ditandai dengan angka bukaan yang kecil f 1.8, f 2.4, maka semakin banyak cahaya yang masuk kedalam sensor/film. Silahkan anda mencoba memfoto objek dengan bukaan aperture yang besar semisal dengan f 1.8 maka hasilnya background akan blur dan tajam hanya pada objek saja biasanya teknik fotografi ini digunakan untuk fotografi portrait. Berbeda bila anda memfoto dengan aperture dengan bukaan kecil seperti f 8/ f 11 maka seluruh bagian foto akan tampak tajam dan teknik fotografi ini cocok untuk fotografi landscape.
c. ISO
Sebelum saya memberikan contoh dalam penggunaan ISO ada baiknya membaca post tiga komponen penting dalam fotografi: ISO. Hal ini penting bagi pemula karena penggunaan ISO sangat terkaitan dengan noise, dengan ISO yang rendah maka noise di foto akan berkurang dan ini salah satu tips mengatasi noise. Anda bisa bereksperimen dengan mengubah-ubah angka ISO di kamera anda pada saat memotret foto. Hasilnya silahkan lihat anda memperbesar foto di computer, Akan terlihat perbedaan  yang jelas. Salah satu teknik untuk mendapatkan foto yang tajam anda harus mengkombinasikan ISO yang rendah dengan aperture bukaan besar, teknik fotografi ini mudah digunakan dan diaplikasn dan hasilnya memuaskan.
  1. teknik fotografi
    Dalam sebuah foto ada baiknya menambah prinsip seni, unsur visual, sudut pandang dan the rule of third agar menghasilkan komposisi foto yang menarik
    Langkah ketiga yang perlu anda pelajari agar foto anda terlihat menarik adalah adalah memahami
Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah keseimbangan dan tekanan. Prinsip keseimbangan ini sangat penting karena tanpa keseimbangan yang tepat maka foto akan terlihat ganji. Aplikasi dari teknik fotografi ini semisal  anda menemukan  beberapa  obyek batu yang berwarna ringan (terang) lalu anda hendak memotretnya maka yang diperlukan adalah anda perlu mencari sesuatu yang gelap untuk mengimbanginya dengan bebatuan yang gelap. Selanjutnya menimbulkan pada tekanan pada foto anda, ada beberapa macam cara seperti objek yang kontras, mengisolasi objek, penempatan objek yang tepat, objek yang menampilkan irama, dan kesatuan dari cara-cara yang sudah dijelaskan sebelumnya.
Didalam foto sebaik anda menambahkan unsur visual seperti garis, bidang (shape), warna, texture, dan pola. Foto akan terasa hampa bila dan kosong bila anda tidak beberapa unsur tersebut, tidak perlu semuanya paling tidak satu terutama untuk fotografi landscape kaena hal ini yang menjadikan foto tersebut menarik.
teknik fotografi
Aplikasi The Rule Of third membuat foto menjadi lebih menarik
Memilih juga sangat penting, persepektif juga dapat ditimbulka memalui pengambilan sudut foto. Ada beberapa cara untuk pengambilan sudut foto dan  semuanya akan menampilkan karakteristik foto yang berbeda-beda. Sudut pengambilan gambar  tergantung fotografer menempatkan kamera untuk mengambil sebuah objek. Pengambilan sudut gambar akan sangat mempengaruhi pemirsa yang melihat foto anda  sekaligus teknik fotografiini akan mempengaruhi hasil foto yang anda ambil. Sudut pengambilan ada beberapa macam seperti profile angle, full frontal angle, side angle, high angle, low angle, dan back angle. Untuk memahami bagaimana aplikasi teknik fotografi ini silahkan baca kembali post saya Tips Teknik Fotografi Pengambilan Sudut Foto.
The rule of third adalah cara menempatkan objek di dalam frame foto. The rule of thirds adalah pembagian bidang gambar menjadi tiga bagian vertical dan tiga bagian horizontal. Garis-garis vertical dan horizontal ini merupakan  posisi penempatan objek paling ideal. Dalam dunia fotografi, the Rule of third atau aturan 1/3 bagian adalah petunjuk bagaimana caranya memposisikan obyek di 1/3 bagian dalam foto agar lebih enak dilihat. Teknik fotografi ini juga termasuk dalam mengkomposisikan obyek kedalam satu frame, dengan posisi yang tepat mengikuti acuan aturan sepertiga itu. Aturan ini mungkin lebih tepat disebut sebagai panduan, sebab tidak selamanya penempatan obyek di 1/3 bagian foto itu nikmat untuk dilihat bergantung dari obyek dan hasil foto yang dihasilkan oleh fotografer.
sumber : lensafotografi.com

Rabu, 25 April 2012

Saham Facebook Akan Ditawarkan

Ketika Facebook melakukan penawaran saham perdana atau initial public offering (IPO), ini akan menjadi berita besar. Tak heran, banyak yang tak sabar menantikannya. Kabarnya, IPO tersebut dilakukan tak lama lagi.

Informasi terbaru menyebutkan, raksasa jejaring sosial yang mengajukan dokumen IPO ke US Securities and Exchange Commission pada Pebruari 2012 ini diyakini akan melakukan IPO pada 17 Mei di bursa saham Nasdaq.

Kabar ini pertama kali dipublikasikan situs teknologi TechCrunch yang mengaku mengutip narasumber internal Facebook yang menolak disebutkan namanya

Dalam dokumen tersebut, Facebook mengincar sekitar USD 5 miliar ketika IPO digelar. Sebelumnya, bahkan perusahaan milik Mark Zuckerberg itu sempat dikabarkan mengincar USD 10 miliar. Namun, tentu saja perkiraan tersebut bisa berubah tergantung dari tingginya minat investor.

Facebook saat ini tercatat memiliki 845 juta pengguna di seluruh dunia. Sebanyak 483 juta pengguna di antaranya adalah pengguna aktif yang mengecek akun Facebook mereka setiap harinya.

Pesaing Lamborghini dari Slovenia (Tushek Forego T700)

00b32  4zZwJrf3vm Pesaing Lamborghini dari Slovenia
F: Tushek Renovatio T500 (Autocar.co.uk)
LJUBLJANASaat ini Lamborghini Aventador menjadi salah satu supercar paling dikagumi sejagad. Mobil yang dijual di Indonesia seharga Rp9,7 miliar ini menjadi buruan para selebriti dunia.
& nbsp;
Hal tersebut melecut hati para pembuat mobil untuk menciptakan pesaing supercar asal Italia tersebut. Salah satu pembuat supercar yang berambisi menciptakan penantang Aventador adalah Tushek Supercars.
 
Pembuat supercar asal Slovenia tersebut berencana menamai jagoannya tersebut dengan Tushek Forego T700. Supercar ini akan memiliki bobot tidak kurang dari 1000 kg dengan kekuatan mesin hingga 700 hp.
 
Sebelumnya Tushek Supercars telah melahirkan supercar generasi pertama dari Slovenia yang dijuluki Tushek Renovatio T500. Mobil ini telah memulai debutnya di Monaco pada acara pameran supercar Top Marques yang berlangsung akhir pekan lalu.
 
Mobil ini
dipersenjatai mesin 4.2 liter V8 yang sanggup memproduksi tenaga hingga 444 hp. Renovatio T500 mampu berakselerasi dari 0-100 kpj dalam waktu 3,7 detik dengan kecepatan maksimum hingga 200 mph.
 
Tushek berencana mememasarkan model ini dengan harga 245 ribu Euro atau setara Rp3 miliar. Lebih lanjut, supercar ini hanya akan diproduksi sebanyak 30 unit sebelum memutuskan untuk fokus membuat model pesaing Aventador.

Teknik Dasar Fotografi Keren dengan Kamera DSLR

Teknik Dasar Fotografi Keren dengan Kamera DSLR- Kita perlu setidaknya mempelajari dasar fotografi, seperti Bagaimana cara memegang kamera yang benar, teknik foto landscape dan portrait yang benar serta bagaimana pengaruh diafragma dalam teknik fotografi. Bandingan anda belajar otodidak dari buku, internet atau video sangat berbeda hasilnya dibandingkan dengan praktik memotret langsung di lapangan dengan bimbingan ahlinya. Belajar memotret seharusnya ada seseorang yang bisa membimbing dan memberika kita tips bagaimana anda bisa menjadi fotografer yang handal dan profesional. Ada berbagai macam teknik fotografi yang mendasar di dunia ini. Lain teknik nya, lain juga tingkat kesulitannya. Mulai dari tingkat kesulitan yang rendah, sampai teknik yang memerlukan skill fotografi yang tinggi. Disini saya akan sedikit membagikan mengenai macam-macam Tekhnik Dasar Fotografi Keren dengan Kamera DSLR.

Tekhnik Dasar Fotografi Keren dengan Kamera DSLR

Berikut Tekhnik Dasar Fotografi Keren dengan Kamera DSLR, silahkan anda simak kemudian bisa anda pelajari tekhnik ini.
  • Tekhnik Depth of field (ruang tajam)
Hal-hal yang mempengaruhi teknik fotografi ruang tajam adalah:
Jarak pemotretan (jauh=luas, dekat=sempit)
Bukaan diafragma (kecil=luas, besar=sempit)
Jarak fokus lensa /focal length (tele=sempit, wide=luas, normal=bisa diatur)

  • Tekhnik Slow & stop action
Slow action : salah satu teknik fotografi yang bertujuan memperlihatkan/ menangkap gerakan objek. Biasanya digunakan kecepatan rendah, antara 1/30 sampai 1 detik . Stop action  kebalikan dari slow, yaitu teknik fotografi untuk bertujuan membekukan gerak objek. Biasanya digunakan kecepatan tinggi, antara 1/125 sampai 1/4000 atau lebih.
  • Tekhnik Bulb
Kecepatan rana dapat diatur sesuai dengan waktu yang kita inginkan. Teknik ini dilakukan dengan menahan tombol pelepas rana dengan lebih lama. Untuk mendapatkan hasil foto bulb secara maksimal, dapat digunakan kabel release dan tripod. Misalnya, kita mempergunakan kecepatan 30 detik sampai habis waktu perekaman cahaya.

  • TekhnikPanning
Panning adalah salah satu cara untuk memberikan kesan gerak pada foto. Ketika melakukan panning, anda harus mengikuti objek selama membidik. Hasil foto menjadikan objek menjadi relatif tajam dibandingkan dengan backgroundnya yang hampir sepenuhnya blur.Untuk mendapatkan foto panning secara maksimal; dengan speed rendah (8-60), dan pakailah tripod (kaki tiga).

  • Tekhnik Zooming
Zooming adalah teknik foto untuk memberikan kesan gerak dengan mengubah panjang fokus lensa. Perubahan panjang fokus hanya dapat dilakukan dengan lensa zoom. Untuk mendapatkan kesan gerak, anda harus menggunakan kecepatan rana tidak lebih dari 1/30 detik. Untuk mendapatkan foto zooming secara maksimal, pakailah tripod (kaki tiga)
Data teknis:
Kamera : Nikon D100 Digital
Lensa : 28 – 80 Nikkor D
Speed : 5 (with flash)
Diafragma : 3.5
ASA : 400
White balance : flash

Itulah sahabat artikel mengenai Tekhnik Dasar Fotografi Keren dengan Kamera DSLR dari kami , semoga sahabat semua bisa mempraktikannya dengan terus- menerus sehingga bisa membentuk hasil fotret yang sahabat inginkan.

Kamuflase Kamera untuk Mengintai


Kamera pengintai yang diserupakan berbentuk pena
JAKARTA, KOMPAS.com — Kamera pengintai yaitu kamera yang diletakkan pada perangkat-perangkat tertentu dan fungsinya disamarkan atau dikamuflasekan menjadi perangkat tertentu. Dengan alat tersebut, pengguna bisa mengintai obyek dan merekamnya.

Usaha ini dilirik oleh dua bersaudara pemilik kamerapengintai.com, Victor Leonardo dan Felix Andrean, sejak empat tahun lalu.
Awalnya Felix memang sedang kuliah di China dan setiap hari selalu melewati pasar-pasar yang menjual perangkat murah.

Salah satu alat yang diliriknya adalah kamera pengintai yang berbentuk remote mobil. Awalnya, alat tersebut hanya dijadikan oleh-oleh untuk saudaranya di Indonesia, tetapi lama-lama banyak saudara yang menginginkannya.

Victor yang kebetulan doyan dengan dunia teknologi secara iseng menjualnya di sebuah forum online. Alhasil, jualan yang awalnya iseng malah laris, kenang Victor saat ditemui Kompas.com di tokonya di Mangga Dua Square Jakarta, Senin (23/4/2012).

Karena permintaan bertambah, Felix dan Victor pun menambah model kamera pengintai. Kini sudah ada model kamera pengintai dengan bentuk bolpoin, jam tangan, jam meja, kotak tisu, kunci mobil, kancing, korek api, asbak, kacamata, hingga dasi.

"Kamera pengintai dengan bentuk jam tangan, kancing, bolpoin, dan kunci mobil biasanya paling laris di sini," tambahnya.

Penggunaan mudah
Untuk menggunakan alat kamera pengintai ini sangatlah mudah. Di masing-masing alat sudah disediakan tombol untuk mengaktifkannya.

Biasanya ada indikasi lampu menyala dan kamera pengintai sudah bisa digunakan untuk merekam atau memotret obyek yang sedang diintai.

Masing-masing alat kamera pengintai sudah diisi oleh memori internal dan memori eksternal. Kapasitasnya pun berbeda, mulai dari ukuran memori 4GB hingga 32GB.

"Alat tersebut bisa merekam video mulai dari satu jam hingga delapan jam," tambah Victor.

Resolusi gambarnya pun sudah terbilang lumayan untuk alat kamera pengintai. Alat ini sudah memakai resolusi sekelas VGA 1,3MP.

Namun, bila ingin menangkap suara lebih jelas, maka pengguna bisa mengeditnya melalui software-software yang banyak dijual di pasar.

Untuk mentransfer gambar, pengguna pun langsung bisa memindahkan ke komputer atau laptop melalui colokan USB yang telah disediakan.
Bila ingin menambah daya, alat ini juga sudah dilengkapi fitur charging (baterai Lithium seperti ponsel) sehingga tidak memerlukan baterai tambahan untuk menghidupkannya.

Sudah dibeli polisi hingga KPK
Meski bentuknya sederhana dan mirip dengan barang-barang lainnya, alat kamera pengintai ini sudah biasa dipesan oleh kalangan kantoran, pribadi, kepolisian, hingga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Untuk orang kantoran, kata Victor, biasanya alat tersebut digunakan untuk mengintai karyawannya, apakah malas atau rajin bekerja. Alat ini juga bisa digunakan untuk tes wawancara bagi human resources and development (HRD).

"Setelah wawancara bisa dilakukan evaluasi melalui rekaman di kamera pengintai tersebut," jelasnya.

Alat ini juga bisa dipakai jenis investigasi di televisi. Kini, sudah marak acara televisi yang menyuguhkan investigasi terselubung melalui kamera pengintai.

Lembaga riset juga memanfaatkan alat tersebut untuk menyurvei pasar. Biasanya data tersebut untuk melihat perkembangan data pesaing perusahaan.

Tepis barang murahan
Biasanya barang yang dibeli dari China selalu identik dengan barang murah dan kualitasnya murahan. Namun, kamera pengintai ini diklaim memiliki kualitas terjamin.

"Kami menyediakan garansi enam bulan. Jika barang rusak (dalam masa garansi), kami berani menggantinya dengan yang baru, bila teknisi kami tidak bisa memperbaikinya," jelas Felix.

Hingga saat ini, alat kamera pengintai memang diimpor secara resmi dari China. Victor dan Felix mengklaim langsung membeli dari produsennya secara langsung.

Bahkan, pengguna di Indonesia bisa memesan bentuk kamera pengintai sesuai yang diinginkan. Misalnya, dengan bentuk-bentuk yang tidak bisa diketahui bahwa alat tersebut adalah kamera pengintai.

Kini, Victor dan Felix juga mengembangkan kamera pengintai dengan merek dagang sendiri, Pro Spy. Mereka mematenkan produknya sejak Juni 2010. Namun, barang-barang ini masih diproduksi di China.

Promosi
Selama ini alat kamera pengintai masih laris terjual dari situs web kamerapengintai.com. Sisanya terjual dari toko di Mangga Dua Square.

"Sekitar 80 persen penjualan dari website," tambah Felix.

Felix menilai penjualan kamera pengintai melalui situs online dinilai lebih cepat, baik di situs sendiri maupun forum jual beli online.

Kebanyakan pembeli juga merata, tidak hanya di Jakarta, tetapi juga bisa menjangkau seluruh Nusantara, mulai dari Aceh hingga Papua.

"Ke depan kami akan fokus berjualan secara online," jelasnya.

Untuk mendapatkan alat kamera pengintai ini tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Harga yang ditawarkan mulai Rp 95.000 hingga Rp 1,8 juta.
kamerapengintai.com

10 CEO Terkaya di Dunia

Name:  Mark-Zuckerberg.jpg
Views: 120
Size:  49.7 KB

CEO terkaya, presiden direktur atau direktur utma paling kaya di dunia, Chief Executive Officer paling kaya, CEO termuda, CEO tertua, perusahaan terbesar, kisah orang sukses yang memulai karir dari bawah, dan selengkapnya mengenai nama-nama top dunia bisa Anda baca di halaman ini.

Selain ada yang mendapat perusahaan lewat warisan, tak jarang juga CEO paling kaya di dunia memimpin perusahaan yang dibangunnya sendiri dan sudah mengalami perubahan drastis sejak awal hingga sekarang.

Rata-rata dari mereka yang sukses memulai karirnya dari bawah, ada yang mulai sebagai tukang koran, penjual asuransi atau sebagai perantara jual-beli rumah.

Peringkat ceo terkaya didapat dari total kekayaan yang dihitung Wealth-X, sebuah institusi yang menyediakan informasi mengenai total kekayaan individu, bank dan perusahaan investasi.

Semua kekayaan CEO ini dihitung per 16 Maret 2012, berdasarkan kepemilikan saham di perusahaan, estimasi gaji, dividen dan aset-aset lain.

Daftar 10 CEO yang dikutip dari CNBC, Rabu (11/4/2012) berikut ini adalah lintas generasi, dari yang termuda lahir di tahun 1984 dan yang tertua 1930.

  1. Aliko Dangote, 55 tahun
    Perusahaan: Dangote Group
    Kekayaan: US$ 11,2 miliar (Rp 100,8 triliun)
    Pendapatan per tahun: US$ 16.510 (dari perusahaan semen Dangote saja)

    Menurut Forbes, Aliko Dangote adalah orang terkaya di Afrika. Dia adalah pendiri dan CEO Dangote Group, yang memiliki perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar di Nigeria, Dangote Cement.Pada tahun 1977 Dangote dibentuk, bergerak di sektor beras, gula dan semen. Sekarang, sektor industrinya meliputi lebih dari 18 sektor, antara lain, properti, telekomunikasi dan migas di seluruh negara di benua Afrika.

    Mayoritas nilai kekayaan Dangote merupakan kontribusi Dangote Cement, yang diperkirakan senilai US$ 9,6 miliar ditambah saham di grup US$ 450 juta. Selain itu ada dua jet pribadi senilai masing-masing US$ 45 juta dan US$ 9 juta.
  2. Mark Zuckerberg, 27 tahun
    Perusahaan: Facebook
    Nilai Kekayaan: US$ 18,1 miliar (Rp 162,9 triliun)
    Pendapatan 2011: US$ 1,49 juta (Rp 13,41 miliar)

    Dalam daftar ini Mark Zuckerberg, pendiri facebook, merupakan CEO paling muda. Pengguna yang berjumlah sekitar 845 juta membuat perusahaan yang didirikannya merupakan jejaring sosial paling besar di dunia.

    Peringkat Zuckerberg bisa naik lebih tinggi lagi setelah melangsungkan IPO pertengahan tahun ini. Kepemilikan sahamnya di Facebook sebanyak 28% ditaksir senilai US$ 17,9 miliar, angka ini akan naik ke US$ 28 miliar setelah Facebook masuk Wall Street.
  3. Larry Page, 39 tahun
    Perusahaan: Google
    Nilai Kekayaan: US$ 18,3 miliar (Rp 164,7 triliun)
    Pendapatan 2010: US$ 1.786

    Larry Page merupakan salah satu pendiri Google, CEO pertama yang dipercaya memimpin perusahaan internet terbesar di dunia tersebut. Pada tahun 2001 ia lengser dari jabatan itu untuk menduduki direktur pengembangan produk.

    Tahun lalu, Page kembali duduk di kursi CEO. Nilai kekayaan Page meroket di 2004 ketika Google mencatatkan sahamnya di Nasdaq Stock Market dengan raupan dana US$ 1,7 miliar.

    Estimasi kepemilikan sahamnya di Google senilai US$ 16,4 miliar, ditambah dengan US$ 45 juta kapal pesiar. Aset lain yang ikut diperhitungkan adalah rumahnya di Palo Alto, California, senilai US$ 6 juta.
  4. Lakshmi Mittal, 61 tahun
    Perusahaan: Arcelor-Mittal
    NIlai Kekayaan: US$ 19,1 miliar (Rp 171,9 triliun)
    Pendapatan 2011: US$ 1,739 juta (Rp 15,651 miliar)

    Lakshmi Mittal adalah pendiri sekaligus CEO ArcelorMittal, produsen baja terbesar di dunia. Perusahaan tersebut didirkan pria berumur 61 tahun itu pada tahun 1976 dengan nama LNM Group, terpisah dari bisnis keluarganya yang juga produsen baja dan besi.

    Tahun 2006 lalu, perusahaannya merger dengan Arcelor sehingga berubah nama menjadi ArcelorMittal. Mittal juga merupakan komisaris di grupnya dengan nilai aset US$ 13,2 miliar. Aset lainnya adalah rumah di London sekitar US$ 500 juta serta kapal pesiar bernama 'Amevi' senilai US$ 200 juta.
  5. Sheldon Adelson, 78 tahun
    Perusahaan: Las Vegas Sands
    Nilai Kekayaan: US$ 24,6 miliar (Rp 221,4 triliun)
    Pendapatan 2010: US$ 11,356 juta (Rp 102,2 miliar)

    Di Amerika Serikat (AS), Sheldon Adelson adalah komisaris sekaligus CEO Las Vegas Sands, emiten kasino paling terkenal senegeri. Adelson yang sempat berjuang dengan masa kecilnya yang miskin di Boston sudah berusaha dengan giat di industri finansial AS sebelum akhirnya membentuk membeli Sands Hotel & Casino di Las Vegas serta membangun Sands Expo and Convention Centre. pada tahun 1989.

    Saham Adelson di Las Vegas Sands diperkirakan bernilai US$ 14,8 miliar. Aset-aset lain termasuk rumahnya di Newton, Massachusetts, diprediksi US$ 4,9 juta.
  6. Charles G. Koch, 76 tahun
    Perusahaan: Koch Industries
    Nilai Kekayaan: US$ 24,7 miliar (Rp 222,3 triliun)
    Pendapatan: tidak diketahui

    Charles G. Koch menjadi komisaris sekaligus CEO Koch Industries, salah satu emiten besar di AS, sejak tahun 1967. Pendapatan tahunan grup tersebut diprediksi menembus US$ 100 miliar (Rp 900 triliun) menurut Forbes.

    Koch Industries didirikan oleh ayah Charles, yaitu father Fred C. Koch dan teman sekelasnya Lewis E. Winkler pada tahun 1925 dengan nama Winkler-Koch Engineering. Perusahaan tersebut berhasil menemukan cara untuk menyuling minyak mentah menjadi bahan bakar minyak (BBM).

    Setelah Fred meninggal di 1967, dua bersaudara Charles dan David Koch, mengambil alih perusahaan tersebut dan melakukan banyak ekspansi ke lebih dair 60 negara. Bidang industri yang digelutinya pun ditambah.

    Aset Charles di grup diperkirakan US$ 22,4 miliar. Aset besar lainnya, seperti rumah di Aspen, Colorado dan Indian Wells, California, masing-masing diperkirakan nilainya US$ 7 juta dan US$ 5 juta.
  7. Eike Batista, 56 tahun
    Perusahaan: EBX
    Nilai Kekayaan: US$ 31,6 miliar (Rp 284,4 triliun)
    Pendapatan: tidak diketahui

    Eike Batista adalah orang terkaya di Amerika Selatan yang juga pendiri sekaligus CEO induk usaha EBX. Dahulu, ia dikenal sebagai agen asuransi dari rumah ke rumah yang senang mengambil risiko di Brazil sebelum menjadi presdir dari perusahaan terkenal.

    Kekayaan pertamanya didapat ketika ia melakukan jual-beli emas Amazon di awal tahun 1980 sebelum akhirnya mendirikan EBX di 1983. Kini, grupnya membawahi lebih dari 10 perusahaan yang tersebar di seluruh dunia dengan aneka sektor industri.

    Saham Batista di anak usaha migasnya, yang merupakan perusahaan migas kedua terbesar di Brazil, diperkirakan bernilai US$ 19,1 miliar. Sementara sahamnya di perusahaan energi US$ 2,3 miliar dan tambang US$ 1,9 miliar. Ia juga dilaporkan punya jet pribadi seharga US$ 61 juta.
  8. Lawrence J. Ellison, 67 tahun
    Perusahaan: Oracle
    Nilai Kekayaan: US$ 35 miliar (Rp 315 triliun)
    Pendapatan 2011: US$ 77,6 juta (Rp 698,4 miliar)

    Selain menjadi salah satu pendiri dan CEO Oracle, Larry Ellison juga merupakan orang terkaya keenam di dunia, dan ketiga di AS menurut Forbes.

    Ellison mendirikan Oracle dengan nama Software Development Laboratories (SDL) tahun 1977 silam. Pada tahun yang sama, perusahaan itu mendaoat kontrak dari CIA untuk membuat program data bernama 'Oracle.'

    Pada tahun 1980 perusahaan yang hanya punya delapan karyawan itu meraup pendapatan minim, kurang dari US$ 1 juta, tapi setelah IBM mengadopsi frame dasar Oracle di tahun berikutnya, pendapatannya pun naik dua kali lipat selama tujuh tahun.

    Kepemilikan saham Ellison di Oracle diprediksi bernilai US$ 32,8 milair. Rising Sun, kapal pesiarnya, disinyalir memiliki nilai US$ 200 juta. Pada tahun 2009 lalu, ia juga membeli acara kejuaraan tenis Indian Wells ATP dan BNP Paribas Open senilai US$ 100 juta.

    Aset lain yang berharga adalah rumah bergaya Jepangnya di California seharga US$ 70 juta.
  9. Warren Buffett, 81 tahun
    Perusahaan: Berkshire Hathaway
    Nilai Kekayaan: US$ 44,7 billion (Rp 402,3 triliun)
    Pendapatan 2011: US$ 491.925 (Rp 4,427 miliar)

    Warren Buffett merupakan orang terkaya nomor tiga di dunia. Ia adalah komisaris dan CEO Berkshire Hathaway. Perusahaan yang dipimpinnya membawahi banyak anak usaha, seperti American Express, Coca-Cola, Costco, dan Moody’s.

    Pekerjaan pertama Buffett adalah menjadi loper koran di Omaha, Nebraska pada tahun 1940. Ia berhasil mengumpulkan uang sebanyak US$ 5.000 atas pekerjaannya itu dan membuatnya masuk ke dunia investasi hingga akhirnya didirikanlah Berkshire.

    Estimasi saham seri A Buffett di Berkshire Hathaway sebesar US$ 42,6 miliar, sementara seri B senilai US$ 2,1 miliar. Rumah Buffett di Laguna Beach, California diprediksi seharga US$ 2,7 juta.
  10. Carlos Slim, 72 tahun
    Perusahaan: Grupo Carso, Telmex, America Movil
    Nilai Kekayaan: US$ 70 miliar (Rp 630 triliun)
    Pendapatan: tidak diketahui

    Orang paling kaya di dunia adalah Carlos Slim, dan catatan itu bertahan tiga tahun terakhir. Nilai kekayannya diprediksi setara hampir enam persen anggaran belanja Meksiko.

    Slim adalah komisaris dan CEO di tiga perusahaan utamanya, yaitu raksasa telekomunikasi Telmex dan America Movil, serta konglomerasi Grupo Carso. Slim yang merupakan seorang insinyur itu memulai karirnya dengan mendirikan perusahaan yang nantinya dikenal dengan Grupo Carso pada 1965.

    Kepemilikan saham di Grupo Carso adalah mayoritas yang mendatangkan kekayaan Slim, yang diprediksi bernilai US $ 60,5 miliar. Tambahan aset senilai US$ 700 juta diberikan dari koleksi benda seninya yang terkenal.

Senin, 23 April 2012

Pendiri Instagram: Muda, Terberkati, dan Kaya Raya


foto


TEMPO.COCalifornia-Ketika Instagram dibeli Facebook senilai Rp 9,1 triliun, orang-orang bertanya siapa di balik aplikasi ini? Instagram, aplikasi berbagi foto, dibuat dua alumnus Universitas Stanford bernama Kevin Systrom dan Mike Krieger. 

Situs mercurynews menyebut setelah pembelian Facebook, Kevin dan Mike menolak diwawancarai. Mike, 26 tahun, dan Kevin (28) membuat Instagram pada 2010, empat tahun sejak lulus sarjana strata satu."Anda bisa melihat betapa bergairahnya mereka," ujar Rob Abbot, mantan penasihat di Laboratorium Dogpatch. Sebuah laboratorium tempat Kevin pertama kali meluncurkan layanan berbagi lokasi bernama Burbn. Abbot teringat bahwa ia sering menghabiskan waktu di laboratorium bersama Kevin ketika teman-teman yang lain sudah pulang.Burbn memang hanya menarik sedikit perhatian. Tapi perhatian justru datang dari teknisi jeli seperti pendiri Twitter, Jack Dorsey. Dorsey kemudian menanamkan uangnya di aplikasi besutan Kevin. "Kevin suatu hari mendatangiku dan berujar, 'Rob apakah suatu ide bagus kalau hanya fokus di foto'," tutur Abbot.Abbot malah menyarankan Kevin membangun aplikasi foto untuk Twitter. "Jika kamu tidak mengembangkannya sekarang, aku akan mengerjakannya besok," katanya. Abbot kemudian menjadi orang pertama yang menggunakan Instagram. Ia ikut pula membantu menulis beberapa kode HTML awal. Kevin menawarkannya pekerjaan, tapi Abbot memilih fokus ke agensi desain aplikasi pesawat selulernya. Sebuah penolakan yang kini berharga puluhan juta dolar.Bukannya menyesal, Abbot justru memuja Kevin sebagai sosok pekerja terkeras yang pernah ditemuinya. Kevin belajar sendiri dalam pengembangan sistem operasi aplikasi untuk pesawat seluler Apple (AAPL) dan fokus terus-menerus mengutak-atik produk itu. Kemampuan Kevin dan intuisinya diperkuat kehadiran Mike."Mike membuat orang-orang terpesona dan dia sangat terpesona dengan teknologi," ujar Elaine Wherry, salah seorang pendiri dan pembuat aplikasi Meebo, Mountain View. Sebuah aplikasi tempat Mike bekerja sebelum membuat Instagram.Ketika Wherry mengunjungi Stanford untuk menjadi juri kompetisi teknologi, Mike masih mahasiswa. Mike sudah terlihat menonjol ketimbang teman sebayanya. "Dia benar-benar memiliki wawasan terhadap proyek-proyek orang lain," ujar Wherry. Melalui obrolan minum kopi, Wherry menawarkan Mike untuk bergabung."Mike sangat berbakat. Dia orang yang berpikir mendalam dan selalu berpikir soal produk," kata Wherry.Dalam sesi wawancara dengan majalah Times, 4 April 2012, Kevin menuturkan bahwa dia memang memiliki latar belakang fotografi. "Setiap Natal, aku selalu dapat kamera baru dan itu menjadi bagian penting dalam hidupku," katanya.Semasa belajar di luar negeri, guru Kevin pernah mengambil kameranya. Sang guru mengkritik Kevin karena hasil jepretannya terlalu tajam. "Aku ingin kamu menggunakan Holga (kamera lawas)," ujar Kevin menirukan pernyataan sang guru. Holga merupakan kamera plastik dengan lensa plastik yang menghasilkan efek era 80-an atau 90-an. Kevin pun terpesona dengan hasil kamera Holga. "Guru fotografiku ternyata benar, aku terlalu fokus dengan hal-hal yang teliti, bangunan indah, atau gambaran arsitektur yang kompleks," ia menuturkan. Pengalaman dengan kamera Holga itulah yang ingin dibagi Kevin melalui Instagram. Sebuah aplikasi yang sudah mencapai 31 juta pengguna pada awal 2011. Hanya setahun sejak dikenalkan dalam sistem operasi Apple.BIODATAKevin Systrom- Alumnus Jurusan Teknik dan Manajemen Sains, Universitas Stanford.- Lulus tahun 2006- Sempat magang di Odeo yang kemudian berubah menjadi Twitter.- Sempat magang di Microsoft's Silicon Valley Campus, sebagai Program Manager Pengembangan PowerPoint dan OfficeArt- Menghabiskan dua tahun bekerja di Google, pada bagian Gmail dan Pengembangan Korporasi.- Menemukan Instagram pada 2010.Mike Krieger- Master Jurusan Interaksi Manusia-Komputer dari Universitas Stanford pada 2008.- Magang di Microsoft- Bekerja di Mountain View, perusahaan pengembang aplikasi Meebo selama 17 bulan.- Menemukan Instagram pada 2010.

Zuckerberg Beli Instagram karena Facebook Katrok



TEMPO.CO , San Fransisco- Hari ini pengguna jejaring sosial Facebook dikejutkan dengan megatransaksi yang dilakukan Mark Zuckerberg, pendiri Facebook. Dia membeli Instagram, aplikasi berbagi foto lewat ponsel pintar. Facebook membayar US$ 1 miliar (Rp 9,1 triliun) dalam bentuk uang segar dan saham.

Instagram sebenarnya baru berumur dua tahun, diluncurkan pada Oktober 2010. Karyawannya sembilan orang, tapi versi BBC menyebut 13 orang. Mulanya mereka hanya menggarap pasar iPhone. Pekan lalu mereka juga mendesain aplikasi untuk Android. Aplikasi ini menjadi tren di mana-mana karena kesuksesannya mengeksploitasi sisi narsis sang pengguna. Dengan mengunggah foto, seolah mereka berkata, "I'm here (saya di sini)."Pertanyaannya, mengapa perusahaan sebesar Facebook dengan jumlah pengguna lebih dari 830 juta orang perlu mengakuisisi Instagram yang penggunannya cuma 30 juta orang? Jack Shafer, kolumnis Reuters, menduga, dengan membeli Instagram, Mark Zuckerberg seolah ingin mengatakan, "Aplikasi foto kami di Facebook katrok!""Ini sebuah tonggak penting bagi Facebook karena untuk pertama kalinya kami membeli sebuah produk dan perusahaan yang dipakai begitu banyak pengguna," kata Zuckerberg dalam siaran persnya. Konon, negosiasi pembelian Instagram ini dilakukan sangat cepat. Kabarnya setelah meluncurkan versi Android pekan lalu dan jumlah pengguna bertambah sejuta orang per hari, Facebook khawatir Instagram bakal jatuh ke tangan orang lain. Mereka sadar jelas aplikasi ini bukan cuma soal berbagi foto. "Ini jejaring sosial lain yang juga sangat kompetitif," begitu kata sumber di Facebook. Huffington Post, mengutip dari Ycharts, memperkirakan nilai-nilai Instagram yang Rp 9,1 triliun itu lebih mahal ketimbang perkiraan nilai perusahaan koran New York Times yang "cuma" US$ 970,22 juta (Rp 8,9 triliun) atau lebih murah US$ 30 juta (Rp 276 miliar) dari Instagram. ***Instagram memang menawarkan kemudahan. Tak perlu jungkir balik belajar fotografi untuk menghasilkan foto keren. Yang dibutuhkan cuma tiga hal sepele: punya ponsel pintar dengan kamera, jari yang jahil, dan akun Instagram. Bahkan pengamat politikus seperti Eep Saefullah Fatah pun jago main Instagram.Aplikasi ini gratis dan penggunanya bisa memanfaatkan 17 filter foto. Filter inilah yang mengubah nuansa warna dan memberi kesan foto yang berbeda. Aplikasi ini digemari karena orang "bercakap-cakap" dengan foto dan terhubung dengan Twitter dan Facebook. Kata pendiri Instagram, Kevin Systrom, "Aplikasi ini bisa menjadi cara berkomunikasi lewat gambar." Saking ramainya, setiap hari ada lima juta foto yang diunggah ke Instagram setiap hari. Paul Kedrosky, investor bidang teknologi serta penulis blog the Infectious Greed, mengatakan pada BBC bahwa pembelian itu telah membuat karyawan Instagram jadi OKB atawa orang kaya baru. "Setahu saya Instagram hanya punya 13 pekerja. Jadi dengan transaksi ini tiap kepala dapat bagian US$ 77 juta. Ini adalah deal bisnis paling mahal dalam sejarah," ujar dia.

4 Hal yang Membuat Facebook Akuisisi Instagram


TEMPO.CO:- Instagram, aplikasi berbagi foto itu kini jadi buah bibir dunia. Tak hanya kepopulerannya yang meningkat, tapi juga harga jualnya yang mencapai 1 miliar USD  atau setara Rp 9,1 triliun. Semua orang tercengang dengan harga akuisisi yang diberikan Facebook atas Instagram. Banyak pertanyaan muncul atas angka fantastis yang diberikan pendiri Facebook
Megatransaksi Instagram oleh Mark Zuckerberg, pendiri Facebook senilai Rp 9.1 Triliun menimbulkan banyak pertanyaan para pemakai jejaring sosial. Apa alasan sesungguhnya yang membuat Facebook mengakuisisi Instagram. Inilah kira-kira alasan itu.
1. User
Saat ini Instagram punya lebih dari 30 juta pengguna dan terus bertambah sejak versi Android dirilis. Potensi ini tetap dihitung Facebook meski sudah memiliki 850 juta pengguna.
2. Mobile
Facebook memiliki basis pengguna mobile besar. Aplikasi Instagram yang berkutat di Mobile, dianggap sejalan. Apalagi kemudahan instagram mengedit dan meng-upload foto atau mobile uploading lebih detail dibanding facebook.
3. Data
30 juta pengguna Instagram telah meng-upload lebih dari 100 juta foto yang diantaranya berisi geotagging dan personal. Data itu dibutuhkan Facebook untuk menjaring pengiklan.
4. Persaingan ketat Facebook dengan Google dan Twitter
Facebook butuh banyak peluru untuk bersaing dengan Google dan Twitter. Twitter menjadi pesaing kuat Facebook di bisnis jejaring sosial meski hanya mengandalkan teks tapi basis pemakai twitter sangat kuat. Apalagi kini banyak Facebooker  yang lebih suka ngetweet.
Adapun Google dengan segala produknya, dari mesin pencari, gmail, google plus dan memiliki dana tak terbatas. Apalagi belakangan Google juga agresif mengerilya instagram.