Top Rank Blog

Jumat, 29 Maret 2013

Tips Pengambilan Sudut Dalam Fotografi


Cara-cara yang akan saya jelaskan  akan banyak digunakan dalam fotografi fashion, model, dan prewedd namun anda bisa juga mencobanya untuk beberapa genre fotografi  lainnya walau tidak semua teknik fotografi yang saya jelaskan bisa diaplikasikan
  1. Profile Angle
Teknik Fotografi
Pengambilan Foto dengan sudut Profile
Pengambilan gambar dengan sudut(angle) profile adalah dari samping objek utama dengan membentuk sebuah sudut 900 baik itu. Seperti namanya sudut pengambilan gambar memang diperuntukan menonjolkan  profil seorang objek. Teknik fotografi pengambilan gambar semacam ini dalam sebuah foto dapat diterapkan dalam beberapa action atau gaya, misalnya objek utama sepasang kekasih yang sedang berjalan menuju suatu tempat. Dalam sudut pengambilan gambar seperti ini jangan lupakan pencahayaan yang tepat, bila anda dalam ruangan pastikan sumber cahaya menerangi bagian yang akan dipotret, kalau bisa seluruh objek dapat diterangi oleh cahaya agar tidak menciptakan bagian gelap kecuali anda ingin bermain-main dengan pencahayaan.
  1. Full Frontal Angle
Teknik Fotografi
Pengambilan Foto secara full frontal
Teknik fotografi ini mengambil sudut gambar dimana letak objek dan kamera berada pada posisi sejajar sehingga tercipta sebuah bentuk yang proporsional. Kamera dan obek akan saling berhadap-hadapan  sehingga seluruh badan seperti wajah, dada dan tangan terlihat. Letakkan kamera sejajar dengan mata objek agar pemirsa anda merasa seperti melihat dan berhadapan secara langsung dengan objek. Sebaikannya anda meletakkan  sumber cahaya juga berada didepan objek sehingga menerangi seluruh  area muka namun Anda juga bisa bermain-main dengan arah cahaya disini dengan meletakkan sumber cahaya dari arah samping kanan kiri bahkan dari belakang untuk meciptakan foto yang artistik.
  1. Side angle
Pengambilan gambar dari side angle
Pengambilan gambar ini meletakkan posisi objek agak sedikit menyerong ke kiri atau kanan. Teknik fotografi ini membentuk sudut 30sampai 600. Sudut yang dibentuk akan memberikan kesan ada bagian tubuh yang ingin ditonjolkan, umumnya bahu atau dada. Dalam sudut pengambilan gambar mata yang letaknya terjauh dari lensa harus tetap terlihat dan harus tetap terkena pencahayaan yang lembut.
  1. High angle
Teknik Fotografi
Pengambilan gambar dengan sudut high angle
Pengambilaan gambar dilakukan dari arah atas objek, Penggunaan teknik fotografi ini akan memberikan kesan kecil atau untuk menonjolkan bagian atas baik itu rambut atau mata dari seorang objek dan memberikan kesan dramatis dan ada baiknya mempersempit ruang di kanan kiri objek sehingga focus pada objek. Selain mempersempit ruang, gunakan juga DoF yang sempit untuk menonjolkan objek utama. Bagian yang blur akan mempermanis foto yang anda hasilkan, saran saya gunakan baju dengan warna yang tidak ramai dan gunakan  background berwarna putih bila memungkinkan. Hindari ada objek lain yang dapat mengganggu dan dapat menggunakan kamera dengan posisi vertikal. Pencahayaan yang digunakan diharapkan dapat merata pada bagian wajah agar detail wajah terlihat (terutama mata) karena pengambilan sudut ini diperuntukan untuk bagian wajah juga.
  1. Low angle
Low angle
Cara ini umumnya digunakan untuk memberikan kesan tinggi/besar,teknik fotografi ini dilakukan dari arah bawah objek dan dapat juga digunakan untuk menonjolkan bagian-bagian tertentu yang terdapat pada bagian bawah objek. kesan yang didapat dari  bila fotografer juga memperlebar focus foto adalah tertangkapnya suasana dimana objek berada. Teknik fotografi ini cocok untuk mengambil suasana background yang akan mempermanis foto namun ingat jangan memotret di keramaian karena akan banyak objek pengganggu.  Suasana alam yang  agak kosong seperti halaman atau padang rumput akan sangat cocok untuk pengambilan sudut ini. Bila anda tidak dapat mencari suasana alam, anda bisa manfaatkan suasna gedung-gedung tua dan lingkungan sekitarnya menjadi background.
  1. Back Angle
Teknik Fotografi
Back Angle Photo
Pengambilan gambar yang dilakukan dari belakanng objek, teknik back angle dapat menampilkan bagian wajah atau bagian belakang objek saja. Usahakan dalam teknik fotografi sisi mata terjauh tetap terlihat jika pengambilan back angle memperlihatkan bagian wajah. Anda bisa mempraktekan cara ini pada saat sunset/sunrise, ada dua pilhan anda ingin foto siluet atau tidak. Bila siluet maka tidak perlu ada cahaya tambahan, namun bila ingin memperlihatlan suasana sunset atau sunrise dan wajah objek terlihat maka perlu menggunakan lampu flash dan jangan lupa flash diffuser agar cahaya terlihat lebih lembut dan merata.
Sebelum Anda melakukan pengambilan gambar, ada baiknya anda berpikir sejenak untuk menentukan sudut pengambilan gambar. Karena hal tersebut memiliki dampak besar pada komposisi foto kita dan tentunya akan berpengaruh pada foto yang dihasilkan. Tidak ada salahnya mengambil gambar dari sudut pandang tidak biasa atau ekstrem sekalipun, karena terkadang hal tersebut dapat memberikan kesan unik pada foto yang dihasilkan. Bila anda sudah memahami cara pengambilan sudut gambar jangan lupa untuk mengatur komposisi dalam foto anda dengan tips dan trik yang sudah saya jelaskan seperti:
Anda juga bisa mengkombinasikan berbagai macam arah cahaya dan jenis cahaya dengan teknik fotografi untuk mendapatkan foto yang artistik. Cahaya yang datang berbeda-beda terkadang menimbulkan masalah bagi fotografer, bagi fotografer yang sudah cukup handal maka dia dapat mengatur posisi untuk mendapatkan cahaya dan sudut pemotretan yang tepat. Dan satu hal lagi agar anda cermati untuk mengambil foto secara horizontal atau vertikal. Horizontal dapat digunakan untuk menangkap suasana di sekitar objek dan vertikal akan cocok untuk digunakan sudut pengambilan  foto yang dimaksudkan memfokuskan pada objek saja.
sumber : lensafotografi.com

Reactions:

0 comments:

Poskan Komentar